Pelatihan Guru Tiket Masuk Memulai Kurikulum 2013

Depok (Dikdas): Pemberlakuan Kurikulum 2013 menempatkan guru sebagai bagian penting dalam keberhasilan program ini. Maka mereka harus disiapkan sungguh-sungguh melalui berbagai upaya, salah satunya pelatihan dan pendampingan.

“Guru yang kita latih kita asumsikan sebagai tiket masuk untuk memulai kurikulum 2013,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Mohammad Nuh, DEA saat konferensi pers usai penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa sore, 12 Februari 2013.

Setelah dilatih, guru akan mendapatkan pendampingan selama menjalani proses belajar-mengajar. “Pendampingan yang pertama paling efektif adalah masuk ke kelas,” jelas Mohammad Nuh. Pendamping masuk kelas dan mengamati cara mengajar guru. Dari situ pendamping bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan guru.

Pendampingan kedua, tambah Mohammad Nuh, yaitu dengan memberikan referensi ilmu pengetahuan lewat media daring (online). Komunikasi dengan para guru juga dapat dijalin melalui perangkat komunikasi dalam bentuk pesan layanan singkat (Short Message Service—SMS) dan surat elektronik (email). Cara ini ditempuh melalui metode tanya-jawab.

Ketiga, pendampingan dilakukan melalui penyiapan beragam bahan yang bisa dipakai untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di lapangan. Laman bisa menjadi medium model pendampingan seperti ini. Hal ini dilakukan secara terus menerus.

Kendati demikian, Mohammad Nuh mengatakan, ia tak berpretensi mengubah guru 100 persen usai menjalani pelatihan. “Tapi kita ada modal awal untuk melakukan perubahan.”

Mohammad Nuh melihat Kabupaten/Kota dan Provinsi siap untuk melakukan pendampingan. Pendamping berasal dari unsur Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Perguruan Tinggi, dan tim dari Pusat.* (Billy Antoro)

Pos ini dipublikasikan di Kabar Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s