Jumlah Jam Mengajar Kosong di Dapodik

Seorang guru bersertifikat tidak akan bisa terbit SKTPnya jika tidak bisa memenuhi jumlah jam mengajar kurang dari 24 jam. Jumlah jam minimal 24 jam berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 adalah menjadi syarat mutlak untuk penerbitan SKTP, selain harus 24 jam bidang studi yang diajarkan juga harus linier dengan bidang studi sertifikasi.

Sampai saya saat tulisan ini saya upload peraturan yang digunakan adalah PP 74 tahun 2008.

Guru yang mendapati lembar info gurunya tidak ada jam mengajarnya karena rombongan belajar tidak ada, tidak perlu panik. Ini bisa terjadi karena maping rombel yang dilakukan di aplikasi dapodik sekolah belum ada.
Kenapa harus maping rombel, maping rombel diperlukan untuk mendeteksi jumlah jam mengajar guru pada kelas. sebab guru profesional yang tidak mengajar tidak berhak atau hilang haknya untuk  menerima tunjangan profesi.

maping rombel di dapodik dapat dilakukan dengan cara sbb :

pada aplikasi dapodik sekolah :

  1. Adalah grid untuk menambah/ubah/hapus daftar rombongan belajar, termasuk memilih tahun ajaran maupun wali kelas, tingkat rombongan belajar & prasarana yang digunakan. Pilih salah satu rombel untuk melihat daftar peserta didik yang terdaftar di rombel tersebut maupun guru(PTK) yang mengajar pada rombel tsb.
  2. Adalah daftar Peserta Didik yang Terdaftar pada rombel tersebut. Daftar ini berubah pada saat terjadi perubahan pada pilihan baris rombel.
  3. Adalah grid yang menjadi referensi daftar peserta didik dan PTK. Untuk menambahkan peserta didik pada suatu rombel, pilihlah beberapa baris peserta didik di grid ini, kemudian tarik (drag) ke grid daftar “Peserta Didik Terdaftar” (no.2). Begitu pula untuk menambahkan guru pengajar/PTK. Di menu ini juga disediakan fitur search, untuk mencari data peserta didik.
  4. Untuk memilih dengan muliple select, Tekan Ctrl sambil mengklik satu persatu nama peserta didik.
  5. Setelah itu klik mouse dan tahan kemudian seret dan jatuhkan di grid “Peserta Didik Terdaftar”
  6.  Maka akan muncul isian tanggal terdaftar serta jenis pendaftaran
  7. Berikut hasilnya :
  8. Hal yang sama dapat dilakukan dengan grid PTK, pilih PTK di menu 2 (tab PTK) lalu pilih PTK yang di maksud. Kemudian seret (drag) dan jatuhkan (drop) ke menu 3 (tab PTK Mengajar)

(diambil dari manual book dapodik sekolah)
Lakukan hal tersebut untuk mapping rombel.

 

Sumber : http://nazarukompetan.blogspot.com/

Pos ini dipublikasikan di Info. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s