Kenaikan Gaji PNS 6 % Tetap Berjalan, Penghapusan Uang Pensiunan PNS Hanya Isu

Yuddy Chrisnandi, Menteri PAN dan RB Kabinet Kerja 2014-2019 menegaskan bahwa kenaikan gaji secara berkala bagi Aparatur Sipil Negara tidak akan dihapus. Sehingga kenaikan gaji berkala akan tetap diberikan. Yuddy juga menjelaskan bahwa rancangan peraturan mengenai kenaikan gaji bagi ASN sebesar 6 % sudah disampaikan kepada Presiden.
Hal ini disampaikan oleh Yuddy dalam acara sebuah pertemuan sengan ASN di Kota Palangkaraya yang berlangsung selama 1 jam.
Selain mengenai rencana kenaikan gaji PNS 6 % 2015 yang saat ini sudah disampaikan kepada Presiden, disampaikan juga informasi mengenai kabar adanya rencana penghapusan uang pensiunan bagi ASN, TNI dan POLRI. Dan ditegaskan oleh Yuddy C bahwa kabar itu adalah isu, dan selama ini pemerintah tidak pernah membahas permasalahan tersebut.

Yuddy juga menjelaskan bahwa bagaimanapun juga, uang pensiunan sulit untuk dihapus, karena PNS bekerja selama puluhan tahun sampai pada waktunya untuk pensiun, dan berhak atas jaminan pada hari tua dan tunjangan pensiun.
Informasi yang beredar sebelumnya adalah adanya kenaikan besaran  uang pensiunan bagi PNS, TNI/Polri yang dialokasikan dalam APBN  pada setiap tahunnya. Pada 2012 anggaran untuk pensiun PNS, TNI/Polri sudah mencapai Rp69 triliun lalu anggaran ini naik menjadi Rp74 triliun pada tahun 2013.
Sehingga, dengan disahkan UU Aparatur Sipil Negara (ASN), maka pemerintah berencana mengubah mekanisme dalam pemberian uang pensiun PNS dari Pay As You Go menjadi Fully Funded.
Perbedaannya adalah pada sistem Fully Funded, kewajiban pemerintah untuk membayar uang pensiun akan berhenti pada saat PNS tidak aktif bekerja. Sedangkan sistem Pay As You Go, adalah dimana pemerintah berkewajiban memberikan uang pensiunan meskipun PNS tersebut sudah tidak  lagi bekerja.
Demikian informasi mengenai kenaikan gaji PNS 6 % 2015 dan isu penghapusan uang pensiun.
Sumber: http://infokepegawaian.blogspot.com/2015/04/kenaikan-gaji-pns-6-tetap-berjalan.html
Pos ini dipublikasikan di Kabar Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s